Another Rudi Triatmono Blog

Share Information about Automotive, IT, Economics etc…

Belajar dari Ninja 250R dan R25 serta kondisi saturated market,… berapa perkiraan harga jual rondo Honda CBR250RR …???

Dear Kanjeng Pembaca sekalian,… ketika suatu segment niche market ‘digarap’ oleh berbagai pabrikan dengan mengeluarkan berbagai product … cepat atau lambat market akan mengalami ‘saturated’ …!!! Pada kondisi ini… demand akan ‘mengecil’ dan supply akan membesar … disini pabrikan yang bisa ‘mengantisipasi’ akan survive …!!!

ninja-250r-se

Market segment 250cc bisa dikatakan sebagai market ‘premium’ … coz pada segment ini adalah segment yang bisa ‘terjangkau’ sebelum dikenakan PPnBM tax ..!!! Di awal… sudah muncul Kawasaki Ninja 250R .. disini pabrikan Kawasaki berusaha mengambil seluruh segment… dikeluarkan baik yang sportz fairing Ninja 250R dan Z250 … !!! Yang 2 cylinder ataupun single cylinder juga digerojoook ke market … yang ABS dan non ABS juga disupply … coz there is no one size fit all …!!!

yamaha-r25-at-shell

Belum juga pabrikan Kawasaki bernafas lega… pabrikan Yamaha juga ikut ‘menyodok’ ke market… melalui Yamaha R25 dan Yamaha MT-25 …!!! Sama juga dengan pabrikan Kawasaki … pabrikan Yamaha juga mengeluarkan type ABS dan Non ABS …!!! Pabrikan Yamaha… selain menjual di local market… juga menjual ke global market … tidak hanya R25… namun juga R3 dijual pabrikan Yamaha …!!! So… secara kue sebenernya pabrikan Yamaha berusaha memitigasi dengan cara memperluas aka meng-ekspansi market di negara lain …!!!

yamaha-mt-25-black-strike

Naaagh… market yang saturated opo maneeeh ditambah perekonomian yang lesu… waaagh uweees menekan penjualan product …!!! Demand yang turun juga terlihat pada secondary market …!!! Berbicara tentang harga rondo motor segment 250cc… kita bisa ambil dan analisa data Yamaha R25 dan Kawasaki Ninja 250R … baik yang tipe ABS dan non ABS ..!!!

yamaha-r25-upgrade-2

Dari pengamatan juragan… depreciation motor tahun pertama untuk motor Yamaha R25 dan Kawasaki Ninja 250R … berkisar antara 18 – 20% tergantung dari merk dan tipe (apakah ABS atau Non ABS) …!!! Di awal-awal ketika market belum saturated… depreciation tahun pertama berkisar 10 – 13% … jadi terjadi pergeseran yang lumayan dalam dari sisi harga jual kembali …!!!

Honda CBR 250RR 02

Perhitungan diatas adalah kondisi motor masih kinyiz-kinyiz… mileage masih rendah (maksimal 5 rebu km)… umur maksimal baru 1  tahun pemakaian …!!! Naaagh bagaimana dengan ABS vs Non ABS …??? Jika dibandingkan… Non ABS nggak begitu jatoh (mencapai 18% depreciation tahun pertama red.) …atau berkisar ‘loss’ untuk tahun pertama mencapai Rp. 9.5 – 10 jeti …!!!

Honda CBR250RR 01

Naaagh bagi motor yang ABS lebih jatoh lagi  harganya ( mencapai 20% depreciation tahun pertama red.) … atau berkisar ‘loss’ nya untuk tahun pertama mencapai Rp. 12 – 12.5 jeti …  untuk motor rondo …!!!  Naaagh ini … belum masuk model Honda dimana untuk single cylinder belum diperhitungkan …!!! Sangat jarang orang jual second Honda CBR 250R (single cylinder) dengan kondisi sama… jika ada pun depreciation cost nya nyampe 25 – 27% … untuk tahun pertama …!!!

mas-tri-at-benoa-bali

Dengan melihat berbagai kondisi… market second akan terjadi pergeseran… depreciation cost untuk tahun pertama akan lebih dalam …!!! The Party is over … the follower yang telat masuk ke market… sudah melihat kondisi seperti ini …!!! Last,… monggo dihitung wae… berapa kira-kira harga second nya Honda CBR 250RR setelah market saturated ini … jika ada waktu bisa saza kita simulasikan… okeeey …??? 😀

Information

This entry was posted on Juli 16, 2016 by in Uncategorized.