Another Rudi Triatmono Blog

Share Information about Automotive, IT, Economics etc…

Berbicara tentang e-Money,… contactless e-Money dan mekanisme kerjanya …!!! (2)

Dear Kanjeng Pembaca sekalian,… banyak yang tercerahkan dengan artikel sebelumnya… mendorong juragan untuk membahas lebih lanjut …!!! Naaagh proses penciptaan e-Money… kita bahas dulu yang contactless e-Money atau unregistered e-Money… tentu dengan menukar uang kartal (uang kertas atau logam red.) dengan kartu e-Money …!!! Atau bisa juga dengan men-debit rekening kita di bank… untuk membeli suatu e-Money …!!! So jelas khan… cuma shifting aza… tidak ada penciptaan uang alias printing money …!!!

mas-tri-front-euro-tower

Contactless e-Money itu kudu menggunakan acuan atau standard tertentu …!!! Naaagh di dunia ini banyak standard nya… salah satu standard yang banyak digunakan adalah ISO 14443 …!!! Duit disimpan di kartu tersebut… jika digunakan misalnya di tap atau didekatkan oleh suatu reader (EDC red.) … maka nilai yang ada di kartu akan berkurang …!!! Sebaliknya account yang tersimpan di wallet reader… akan bertambah … so ini simplenya mekanisme yang terjadi ketika ada transaksi menggunakan e-Money contactless …!!!

mas-tri-in-heidelberg

Reader disini suatu device … dimana si pemegang reader dianggap sebagai merchant… pada akhir hari akan menagihkan ke bank penerbit (issuer) tentang transaksi yang terjadi … dan akhirnya akan meng-kreditkan account merchant tersebut di bank …!!! Naaagh bagaimana dengan mekanisme… jika suatu reader bisa mengenali beberapa e-Money contactless… dari berbagai bank penerbit …??

mas-tri-meeting-in-europe

Disini pada reader ditanamkan Security Access Module (SAM) … akan mengecek apakah kartu yang di-tap cocok dengan SAM A, atau SAM B dan seterusnya …!!! Ketika cocok maka dilakukan proses men-debit saldo kartu dan meng-kredit reader aka walletnya …!!! Dengan cara ini dapat dilakukan interoperable diantara berbagai kartu … lebih praktis dan tentu saza lebih menguntungkan bagi konsumen …!!! Last,… dari sisi penerbit bank… kira-kira apa sih untungnya menerbitkan e-Money ini …??? Next artikel kita bahas … ciaooo 😀

Information

This entry was posted on Mei 8, 2016 by in Ekonomi.