Another Rudi Triatmono Blog

Share Information about Automotive, IT, Economics etc…

Seluk-beluk WordPress,… begini struktur table di wordpress …!!! (4)

Dear Kanjeng Pembaca sekalian,… mungkin kita nggak menyadari bahwa ketika menulis artikel pada suatu blog… banyak impact pada table-table wordpress …!!! Hubungan antar table ini disebut entity relationship diagram aka ER diagram …!!! Tentu antar table ada relasi entah itu one-to-many, many-to-many, ataupun one-to-one …!!! Demikian juga ada primary key dan juga foreign key … lebih detil nya memang kudu belajar fundamental database dulu …!!!

WP3.8-ERD

Naaagh… seluruh artikel akan tersimpan di wp_posts table… termasuk revisi-revisinya …!!! Jadi bisa dibayangkan jika 1 artikel punya 3 revisi berarti sudah ada 4 record yang tersimpan termasuk yang dipublish… !!! So tentu ini akan terjadi overhead… jika banyak record yang tersimpan …!!! Lha terus gimana dengan komentar …???

Mas Tri numpak pesawat

Komentar tersimpan pada wp_comments… dan ini terhubung juga dengan wp_posts … maksudnya setiap komentar pasti terhubung dengan artikel… !!! Termasuk komentar yang spam pun diberikan id… jadi bisa dibayangkan berapa banyak record yang disimpan …!!! belum lage wp_commentmeta dan wp_postmeta yang dari pengamatan juragan mengakibatkan besarnya data yang tersimpan… !!! Ini belum termasuk image lhooo … so akhirnya kudu bijak… kalau nggak mau nyewa server yang besar …!!! Last,… jika ada kesempatan kita bahas tentang … tuning dan tips/trick lainnya …!!! Ciaooo 😀

Information

This entry was posted on Juni 19, 2016 by in Blogz.